Apr 27, 2024

Cerita Lebaran Keluarga Nugros 2024

Senang rasanya tahun 2024 ini saya bisa mudik dengan formasi lengkap, iya kami berenam ada saya, abi, babang iyas, aa iyan, teteh karin dan zil. Setelah 4 kali lebaran saya absen mudik, karena alasan saya hamil teh karin, lalu covid, lalu hamil zil, dan masa sulit saat abi keluar dari pekerjaan eh dikeluarin deh. Alhamdulillah tahun ini ada rezeki bisa mudik, bisa kumpul bersama keluarga. 



Cerita lebaran


Tujuan Mudik Kota Masa Kecil Saya Tangerang

Tujuan mudik saya ke kota tempat saya dibesarkan yaitu Kota Tangerang. Kalau kawan-kawan saya bilang mah saya bukan pulang kampung tapi pulang kota, haha iya juga sih mau bilang kampung tapi suasana kota. Saya pulang dua hari sebelum hari raya lebaran, karena harus menunggu aa iyan libur dan abi libur. 


Perjalanan kami ke Tangerang sempat dibikin shock dan takut juga, karena beberapa jam sebelum kami lewat tol cikampek terjadi kecelakaan maut yang menyebabkan mobil travel terbakar dan semua penumpangnya meninggal dunia. Saat saya lewat kondisi TKP sudah bersih, Al Fatihah untuk semua korban. 


Perjalanan pulang juga gak kalah bikin tegang, bus yang kami tumpangi mengalami pecah ban. Kebetulan saya duduk di kursi belakang bunyi ledakannya kedengeran banget. Tapi Alhamdulillah masih tetap bisa melanjutkan perjalanan pindah bis yang lainnya, walau jadi duduk di kursi yang gak ada AC karena kursi yang ada AC sudah penuh semua. Gak apa yang penting lancar dan selamay, anak-anak juga anteng gak rewel. 


Pengalaman perdana mudik dengan anak banyak

Perjalanan mudik tahun ini pertama kali saya dan abi bawa anak-anak semua, terakhir kami ke Tangerang anak masih dua sekarang sudah empat. Jika ditanya repot gak? Iyalah pasti repot haha tapi inilah perjuangan mau mudik. 


Mudik naik bis


Mama di Tangerang sudah wanti-wanti gak usah bawa oleh-oleh, kasihan katanya udah repot bawa empat anak kecil. Jadi ya sudah kami skip oleh-oleh, dan baju juga gak bawa banyak karena sama mama sudah disediakan baju untuk anak-anak, baju turunan dari anak-anak kakak lumayan jadi tambah ringan. 


Dari Bandung ke Tangerang saya memilih untuk naik bis dari Terminal Leuwi Panjang, ada bis arimibi atau primajasa dengan rute Bandung - Kalideres. Untuk tarif bis arimbi lebaran biasa naik jadi 110rb, saya ambil 4 bangku jadi harus bayar 440rb. Berbagai pertimbangan saya pilih bis eksekutif karena untuk kenyamanan anak-anak, kalau naik travel takut anak-anak jadi kurang leluasa. 


Di bis zil bisa leluasa pindah bangku, dari bangku saya ke bangku abi. Bisa lihat jendela leluasa, melihat pemandangan gunung dan gedung-gedung. Anak-anak sih anteng gak ada yang rewel, cuma babang iyas saja yang mabol huek terus. Entahlah anak ini sejak kecil gak nisa naik bis, pasti mabok. 


Merangkai kenangan di kota Tangerang

Sesampainya di Tangerang kami disambut hangat sama eyang kung dan eyang ti, langsung pada makan siang. Babang dan Aa batal puasanya karena lagi perjalanan gak bisa nahan, gak apa saya kasih keringanan untuk hari itu. Hari besoknya puasa hari terakhir wajib lagi mereka puasa. 


Obor malam takbiran


Saat malam takbiran, kami berlima minus aa iyan yang sudah tidur pergi jalan-jalan lihat suasana malam takbiran di Tangerang. Kami hanya jalan-jalan dekat rumah saja karena saya sudah banyak lupa jalanan disana. Masih ramai orang belanja baju lebaran, sepertinya malam takbiran di diskon jadi ramai orang memilih beli baju saat malam takbiran. Saat dekat rumah juga ada pawai obor, Bandung atau Tangerang sama ramainya. 


Foto keluarga lebaran




Hari raya Idul Fitri rumah mamah ramai semua anaknya kumpul, anak bontotnya yang tinggal paling jauh yaitu saya bisa datang bawa rombongan bocil. Anak-anak juga senang karena disana mah mereka bisa dapat THR banyak. Yang bikin tambah senang lagi, bapak kelihatan lebih segar, semangat lagi, makan juga jadi banyak lagi sehat-sehat yaa pak. Sore dan malamnya ajak anak-anak main di taman yang tidak jauh dari rumah. Udah liburan kami mah gitu aja tapi udah bikin happy. Babang sama Aa juga senang bisa main sepeda dengan sepupunya, terus suka diajak pakdenya juga lihat bis telolet dari lapangan pinggir tol, ada hikmahnya ya punya rumah pinggir tol hehe. 



Penutup

Bagi masyarakat Indonesia mudik lebaran menjadi tradisi, karena kebanyakan masyarakat Indonesia hidup merantau jauh dari kampung halaman. Cuti lebaran juga lumayan lama jadi bisa dimanfaatkan untuk mudik agar bisa berkumpul bersama keluarga. Lebaran gak kumpul sama keluarga tuh rasanya ada yang hilang hampa. Gimana nih cerita lebaran kalian? 




Keluarga Nugros


No comments:

Post a Comment